Proposal Internet Hotspot Komunitas
Di
susun oleh:
NUR
LAELA
XII
TKJ 3
SMK
PGRI 3 TANGGUL
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Jenis Usaha
Internet hotspot komunitas.
1.2 Latar Belakang
Internet kini sudah menjadi
kebutuhan semua orang dari berbagai kalangan. Tidak hanya sekedar di pakai
saat diperlukan saja, tapi juga sudah menjadi candu bagi para pemakainya. Dari
waktu ke waktu perkembangan & peminatnya bertambah sangat pesat. Dahulu,
internet digunakan hanya untuk keperluan e-mail, chatting, mencari tugas atau
menyelesaikan pekerjaan kantor yang tertunda. Sekarang, fungsinya sudah sangat
luar biasa berkembang. Seperti: blogging, online earning, internet
marketing, public branding, advertising, dan segala macam aktivitas social
media lainnya.
Oleh karena itu, Kami berinisiatif
ikut serta dalam kegiatan usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
mendukung tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat luas dalam bentuk
bidang usaha yang kami geluti selama lebih dari lima tahun terakhir yaitu
jaringan internet hotspot komunitas atau Rt/Rw.net.
1.3 Konsep Internet Hotspot Komunitas
Internet Hotspot Komunitas atau istilah lainnya Rt/Rw.Net
merupakan salah satu solusi yang tepat untuk merealisasikan internet personal
yang terjangkau & unlimited. Sebetulnya konsep
usaha internet hotspot adalah pemutakhiran dari konsep usaha warnet. Pada
usaha warnet bandwith (koneksi internet) di jual pada setiap komputer yang di
sediakan oleh warnet dengan hitungan tarif perjam. Konsumen warnet yang ingin
menikmati ‘surganya’ internet mau tidak mau harus datang dan duduk berlama-lama
di warnet dengan tarif yang terus berjalan. Nah dalam konsep internet hotspot
konsumen tidak perlu repot-repot keluar rumah dan berpanas-panasan hanya untuk
mendapatkan koneksi internet. Konsumen hanya cukup berlangganan dengan tarif
flat (tetap) perbulan dengan koneksi internet yang unlimited tanpa kuota dalam
setiap bulannya. Dan tarifnya pun terjangkau.
Biaya jasa berlangganan internet hotspot unlimited untuk
masyarakat, untuk awal akan dibuat menjadi empat paket berlangganan:
·
Koneksi internet personal, kecepatan
hingga 512 Kbps Rp. 100.000,-/bulan
·
Koneksi internet personal, kecepatan
hingga 1 Mbps Rp. 200.000,-/bulan
·
Koneksi internet personal, kecepatan
hingga 2 Mbps Rp. 300.000,-/bulan
·
Koneksi internet SOHO/UKM, kecepatan
hingga 3 Mbps Rp. 500.000,-/bulan
BAB II
PEMASARAN
2.1 Target Pemasaran Produk
Tempat
usaha awalnya akan didirikan di kota jember, tepatnya sekitar daerah tanggul
·
Pemukiman masyarakat sekitar usaha
berdiri (dalam radius 2km).
·
Sekolah-sekolah umum/terbuka.
·
Target jangka pendek (1 tahun) usaha
sudah memiliki minimal 50 pelanggan.
·
Target jangka menengah (2-4 tahun)
usaha sanggup menambah jumlah pelanggan minimal 60 pelanggan tiap tahun, dan
memperluas wilayah layanan dalam kota dan sekitarnya.
·
Target jangka panjang (5 tahun ke
atas) sudah menjadi perusahaan ISP profesional.
2.2 Strategi Pemasaran
Usaha internet hotspot komunitas mempunyai konsumen yang
luas, unik, dan jumlahnya terus bertambah, target utamanya adalah penduduk yang
tinggal di sekitar usaha untuk personal (rumahan, kostan) dalam radius sekitar
1-2km. Beberapa poin strategi pemasaran kami:
·
Penyebaran brosur/pamflet door to
door ke pemukiman setempat.
·
Membuat situs online dan halaman di
sosial media untuk promosi usaha.
·
Promo gratis biaya pemasangan
pelanggan baru untuk jangka waktu tertentu.
·
Kerjasama dengan sekolah-sekolah
umum untuk membangun infrastruktur internet hotspot dan program internet sehat
di lingkungan sekolah.
·
Kerjasama dengan pemilik usaha kafe
atau warung untuk menyediakan fasilitas akses internet hotspot gratis.
·
Kerjasama dengan komunitas
masyarakat lainnya dengan sistem bagi hasil, jadi tidak perlu sewa tempat.
·
Kerjasama dengan ISP besar untuk
bisa menyediakan bandwidth internet dengan harga relatif murah.
2.3 Keunggulan Internet Hotspot Komunitas
Dibanding para pesaing seperti provider-provider internet
besar, usaha internet hotspot komunitas memiliki keunggulan sebagai berikut:
·
Koneksi unlimited tanpa kuota, tidak
ada FUP seperti provider selular 3G atau WiMAX.
·
Harga dibuat relatif murah untuk
koneksi internet unlimited tanpa kuota.
·
Pelayanan cepat dan bersahabat (bisa
memberi garansi maksimal 2x24 jam untuk perbaikan atau perawatan ke tempat
pelanggan).
·
Bisa memberi garansi uptime internet
atau Service Level Agreement( SLA) 96% - 98% dalam sebulan.
·
Siap menanggung kompensasi jika
uptime internet kurang dari SLA , apabila diakibatkan karena kesalahan dari
pihak pengelola usaha.
2.4 SDM Pengelola Usaha
Untuk menjalankan usaha awal bisnis
ini cukup seorang pengelola yang memiliki skil mengelola jaringan internet dan
melayani kebutuhan pelanggan. Sedangkan pegawai lepas atau tetap bisa
dibutuhkan pada saat-saat tertentu untuk membantu sdm pengelola. Seperti ketika
jumlah pelanggan makin banyak dan jaringan internet makin besar.
Hasil dari pengalaman kami dan juga
anggota komunitas internet hotspot lainnya, cukup dibutuhkan tenaga 2-3 orang
untuk mengelola jaringan hingga mencapai 100 pelanggan.
BAB III
RENCANA ANGGARAN
3.1 Estimasi Pendapatan Dan Biaya Operasional
Berikut ini adalah estimasi besar
keuntungan dan biaya operasional tiap bulan selama tiga bulan pertama.
3.1.1
Estimasi
Pendapatan
3.1.2
Biaya
Operasional
Dengan catatan biaya operasional di atas memperhitungkan
biaya penyusutan alat, yang dari hasil pengalaman kami berkisar 1-2% tiap bulan
dari besar modal awal berupa aset seperti perangkat elektronik atau mesin.
3.1.3
Kebutuhan
Modal
BAB IV
PENUTUP
Dari
hasil perhitungan estimasi di atas, dapat diambil gambaran bahwa potensi usaha
internet hotspot komunitas ini masih cukup banyak untuk menyerap pasar dan
sanggup untuk mencapai titik impas (Break Even Poin) dalam sekitar 3-4
bulan.
Pangsa
pasarnya cukup luas, terutama di wilayah padat pemukiman seperti perumahan,
kostan atau kontrakan, dan lain-lain. Dari pengalaman anggota-anggota komunitas
internet hotspot ini, permintaan dari masyarakat cukup tinggi walaupun saat ini
telah banyak provider-provider internet besar seperti operator selular yang
memberikan harga berlangganan murah. Hal ini dikarenakan selain
mempertimbangkan harga, para konsumen juga menginginkan kwalitas yang baik dan
juga pelayanan yang prima terhadap berbagai permasalahan yang mungkin terjadi.
Demikian
proposal ini kami buat, kami harap bapak/ibu ikt berpartisipasi dalam kegiatan
ini. Atas perhatiannya kami ucapkan
terima kasih.
LEMBAR PENGESAHAN
Ketua
Pelaksana Sekretaris
Nur laela M. Firmansyah
Nur laela M. Firmansyah
Menyetujui
Kepala kec. tanggul
Agus Sholeh
Kepala kec. tanggul
Agus Sholeh
Sands Casino Hotel & Spa Announces $14 Million
BalasHapusA $14 million expansion 샌즈카지노 of หารายได้เสริม the Sands Hotel & Casino in Las Vegas, will add the 메리트카지노 1,000-seat Sands Las Vegas Arena
Lucky Club Casino Site Review 2021 | Is Lucky Club a Scam Site
BalasHapusLucky Club is a luckyclub good online casino for players who want to find out about its games and bonuses. The casino site is also one of the most